www.derapriau.com
| Rayakan HUT FPII yang Ke 7, FPIi Setwil Riau Ajak Anak Panti Asuhan Ketempat Wisata. | | Bapemperda DPRD Bengkalis Bahas Naskah Akademik di Kementerian Hukum dan Ham Riau | | Jelang Operasi Keselamatan Satlantas Tingkatkan Patroli Cegah Balap Liar, 58 Unit Sepeda Motor Diama | | Kembalikan Daerah Istimewa ( Swapraja ) Siak Yang Ada Sejak Tahun 1950. | | Kembalikan Daerah Istimewa ( Swapraja ) Siak Yang Ada Sejak Tahun 1950. | | Sholat jumat Bersama Warga Kapolda Riau Dengarkan Dan Respon Curhatan Jemaah.
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 06 Februari 2023
 
Dampingi Gubernur Riau, Pj.Bupati Kampar Hadiri HUT Penobatan Raja Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan
Minggu, 22-01-2023 - 16:35:11 WIB

TERKAIT:
   
 

Kampar, derapriau.vcom - Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM mendampingi Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar,M.Si mengahadiri Acara Festival Gunung Sahilan Tahun 2023 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Penobatan Raja Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan yang ke VI tahun 2023 dengan Mengangkat tema ” Saotak Galah Sedayung Sampai, Dek Basamo Mako Kan Jadi” yang dilaksanakan di Istana Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, Ahad (22/1/2023).

Dalam sambutannya Pj.Bupati Kampar menyampaikan ucapan selamat kepada Datuk Seri Paduka yang di Pertuan Agung Raja ke XII Kampar Kiri Gunung Sahilan yang saat ini sudah genap VI tahun menjalankan amanah sejak dinobatkan sebagai Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan.

Kamsol juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan ini akan membawa semangat untuk masyarakat kita agar kearifan lokal, adat istiadat, budaya yang ada di masyarakat terus dilestarikan dan kita jaga seutuhnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si sangat mengapresasi atas kegiatan yang diselenggarakan pada Festival Gunung Sahilan tahun 2023 yang sebelumnya telah banyak sekali acara yang diselenggarakan oleh panitia. hal ini bertanda sayangnya kita pada peninggalan sejarah yang tidak boleh kita lupakan, abaikan dan harus kita lestarikan sampai dunia ini kiamat.” ucap Syamsuar.

Gubernur Riau berpesan kepada pemerintah Kabupaten Kampar agar dapat memberikan fasilitas dan memperhatikan kerajaan- kerajaan yang ada agar kita dapat memelihara dan melestarikan adat istiadat dan budaya yang ada dan nantinya kegiatan seperti ini bisa lebih meriah lagi dan menjadi event daerah setiap tahunnya.

Selanjutnya Datuk Seri Paduka yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan H. Tengku Muhammad Nizar mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Ia juga menjelaskan bahwa istana tersebut bernama Istana Darussalam, sedangkan kerajaannya bernama Kerajaan Rantau Kampar Kiri.

Dijelaskan H. Tengku Muhammad bahwa hari ini tanggal 22 Januari 2023 bertepatan dengan tahun ke VI sejak saya di nobatkan menjadi raja ke XII Kampar kiri Gunung Sahila pada 22 Januari 2017 yang lalu, kegiatan ini kami lakukan untuk menjaga tali silaturrahmi dan persaudaraan sesama warga masyarakat diwilayah Riau, khususnya serantau Kampar Kiri Gunung Sahilan.

selain itu, kami juga akan terus melestarikan adat budaya dan minat masyarakat terhadap kesenian tradisional serantau kampar kiri dan mendukung pelestarian tradisi, kearifan lokal, adat dan budaya yang telah tertanam dalam jiwa masyarakat serantau Kampar Kiri.

Ketua MKA LAMR Riau Datuk Seri Raja Marjohan Yusuf menyampaiakan bahwa Ini adalah kekayaan yang dimiliki oleh Riau, adat bersendikan Syarak, syarak bersendikan kitabullah, maka ini dapat menjadi penepis atas kemajuan Tekhnologi yang terus berkembang.

Marjohan Yusuf juga katakan terkait "Permasalahan sosial yang saat ini masih terjadi seperti masalah Narkoba, kenakalan remaja dan LGBT, maka inilah tugas kita untuk dapat memberikan ajakan, mencegah sehingga anak kemanakan kita tidak sampai terjerumus,” Kata Marjohan Yusuf.

Ketua Panitia Pelaksana Dedi Firman, S.Pd menyampaikan bahwa sebelum kegiatan puncak ini, kami telah mengisi kegiatan pekan masyarakat seperti acara jalan santai berhadiah, sepak takraw piala bergilir “Raja Cup II” se Rantau Kampar Kiri selanjutnya prosesi ziarah makam-makam raja Gunung Sahilan yang diawali dengan ziarah makam raja darah putih yang diiukuti oleh raja yang dipertuan agung beserta ninik mamak, alim ulama serta orang yang cerdik pandai yang ada di kenegerian Gunung Sahilan.

Turut Hadir pada kegiatan ini diantaranya Wakil Bupati Siak Datuk Husni Mirza B.BA.MM Ketua MKA LAMR Riau Datuk Seri Raja Marjohan Yusuf, DPH LAMR Riau Datuk Seri Taufik Ikram Jamil, Kadis Pariwisata Provinsi Riau Datuk Rajab Ose Rizal Zein, yang Dipertuan Muda Pelalawan Tengku Khasar Harun, Datuk Bendahara Pelalawan Tengku Zulmizan Assegap, yang Dipertuan.(rls)



 
Berita Lainnya :
  • Dampingi Gubernur Riau, Pj.Bupati Kampar Hadiri HUT Penobatan Raja Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Hari pertama Ramadhan.
    Kehadiran ASN 98 Persen.
    2 Curanmor.
    Dalam Waktu Singkat Polres Inhu Berhasil Amankan Sindikat Curanmor.
    3 Khotmil Quran
    Kapolda Riau Ikut Khotmil Quran Dan Silaturahmi Di Masjid Jami Air Tiris, Kapolres Menanda Tangani M
    4 Warga Tionghoa.
    Menyambut Imlek Warga Tionghoa Di Dampingi Wartawan Bagi Bagi Sembago Kepada Warga Kurang Mampu.
    5 Kapolri.
    Hari Pers Nasional 2021 Kapolri Minta Pers Bantu Tangkal Hoaxs Yang Memecah Belah Bangsa
    6 Pelatihan.
    Buka Pelatihan Public Speaking Kadiv Humas sebagai Tindak Lanjut Pemantapan Komunikasi.
    7 Dies Natalis.
    Hadiri Dies Natalis HMI Ke 74 Kapolri Kita Butuh Bersatu Melawan Covid 19.
    8 Cium Bendera Merah Putih.
    Naok Orarei Komandan KKB Wilayah Yapen Kembali Ke NKRI.
    9 Koperasi
    Terkait Kasus Yang Menjerat Pengurus Koperasi Gondai Raya Dan Sri Gumala Sakti, Dirkrimum : usut
    10 Narkoba.
    Penangkapan Narkoba Jenis Cair Dan Musnahkan 20 Kg Sabu.
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 PT. MUTHIA MAYLAN PUTRI MELAYU PERS, All Rights Reserved