www.derapriau.com
| Panglima Tinggi PMR : Jangan Macam Ayam Mati Dilumbung Padi. | | Putra, "Rekanan Lakukan Pembongkaran Tanah, Kayu Sesuai Saran Pegawai RSUD" | | Jefri, "Pertanyakan Uang Jasa Kadis dr. Ersan Bungkam" | | Pimpinan Anak Cabang(PAC)Pemuda Pancasila(PP)Marpoyan Damai lakukan Kegiatan Sosial | | Irjen Agung Setya : Selalu Waspada Potensi Ancaman | | Sekdako Pekanbaru Siapkan Pengganti Lurah Terjerat Dugaan Pungli
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Minggu, 26 09 2021
 
Sosok Polisi Teladan.
Sosok Polisi Teladan Iptu Razali : Saya Bertekad Wujudkan Tanggung Jawab Dan Tugas Bagi Masyarakat
Kamis, 22-04-2021 - 00:29:30 WIB

TERKAIT:
 
  • Sosok Polisi Teladan Iptu Razali : Saya Bertekad Wujudkan Tanggung Jawab Dan Tugas Bagi Masyarakat
  •  

    Pekanbaru - derapriau-com - Adalah sosok seorang bapak usia 54 tahun dengan keluarga yang sederhana dan memiliki 2 orang anak, yakni Inspektur Polisi Satu Razali, yang segera bersiap untuk berangkat untuk melaksanakan tugasnya sebagai polisi lalu lintas (Polantas) setiap selepas ibadah subuhnya.

    Jabatan sebagai Ps Kanit Lantas Polsek Pekanbaru Kota Polresta Pekanbaru ini sudah terbiasa datang lebih awal ke kantor, selambatnya pukul 05.30 WIB, Razali sudah berangkat.

    Prilaku disiplin telah tertanam dalam dirinya sejak memutuskan mengabdi sebagai insan Bhayangkara.

    Usai mengikuti apel langsung bertugas melakukan penjagaan dan pengaturan (gatur) lalu lintas di dekat Sukaramai Trade Center (STC), Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru.

    Walau Perwira, dirinya tak canggung berdiri di jalanan. Ia menggerak-gerakkan tangan, sambil sesekali meniup peluit. Dan di usianya tak lagi muda, semangat Iptu Razali masih membara. Ia masih cekatan dan luwes.
    Ia memastikan agar mobilisasi masyarakat berjalan lancar dan aman.

    Dengan tegas dia memberhentikan pengendara yang melakukan pelanggaran, namun dengan santun dan humanis, pria kelahiran 1 Desember 1966 ini memberikan teguran sekaligus edukasi kepada pengendara itu.

    Dirinya mengingatkan, bahwa apa yang telah dilakukan itu salah dan berpotensi membahayakan diri pengendara itu sendiri, maupun pengguna jalan lainnya.

    Suami dari Susmarwanti (seorang ibu rumah tangga) ini tak segan menolong pejalan kaki yang hendak menyeberang jalan. Dengan sigap memberhentikan kendaraan, dan menuntun pejalan kaki menyeberang.

    Membantu penjual merapikan ataupun mengangkat dagangan, menolong kendaraan masyarakat mogok dan lain-lain tak canggung dilakukan Polisi ini. Begitupun soal kepedulian kesehatan masyarakat, Iptu Razali selalu mengajak masyarakat  penerapkan protokol kesehatan dengan penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

    Jika menemukan ada masyarakat yang tak patuh protokol kesehatan, Iptu Razali menegur dengan jiwa kebapakannya. Ia mengingatkan, bahwa penerapan protokol kesehatan merupakan anjuran pemerintah yang harus dilaksanakan.

    "Ini demi menjaga diri kita dan keluarga, agar terhindar dari penularan Covid-19, kita harus patuh menjalankan protokol kesehatan”, tutur Iptu Razali.

    Tugas mengatur lalu lintas juga dilaksanakan Razali di sore hari saat jam padat lalu lintas.

    Terik mentari sore yang masih menyengat, debu jalanan hingga bisingnya lalu lalang kendaraan, tak lagi dihiraukan bapak 2 anak ini.

    Ia hanya berkeinginan, masyarakat bisa sampai tujuan dengan lancar, aman dan selamat.

    Karena peran dan kontribusinya, oleh masyarakat Razali mendapat julukan sebagai polisi teladan. Banyak masyarakat yang memuji akan sikap dan tindak-tanduknya yang mencerminkan sosok polisi sejati.

    Inur, seorang penjual sayur mengaku kerap memperhatikan Iptu Razali saat tengah bertugas.

    "Bapak itu murah senyum, tak sungkan menegur. Selama ini yang saya tahu bapak Polantas itu baik," sebutnya, pada Rabu (21/4/2021).

    Ia berpendapat sosok Iptu Razali itu cerminan polisi yang sesungguhnya, Polisi yang dikehendaki masyarakat.

    "Sekarang saya tidak takut lagi bertemu polisi. Karena ternyata polisi baik dan suka menolong. Itu saya lihat dari sosok Pak Razali," ucapnya.

    Rico yang berprofesi sebagai tukang parkir mengisahkan pak Polisi Razali juga kerap mengingatkannya agar parkir kendaraan ditata rapi sedemikian rupa.

    "Pak Razali itu Polisi baik, sering menasehati kami supaya parkir ditata dengan rapi dan tidak sembarangan. Supaya tidak mengganggu kelancaran lalu lintas, kamipun senang," ungkapnya.

    Razali mengisahkan, minatnya menjadi seorang anggota polisi muncul lantaran abangnya yang sudah lebih dulu menjadi Polisi.

    "Setamat dari sekolah SLTA dirinya mendaftar Polisi dan mengenyam pendidikanan di SPN Sampali Medan tahun 1986/87 lalu. Sampai hari ini, sudah sekitar 34 tahun saya berdinas dan mengabdi di kepolisian," ujarnya mengisahkan.

    Berangkat dari keluarga sederhana, orang tuanya hanya seorang petani kecil di kampung yang cukup pelosok di daerah Sumatera Barat, dirinya memiliki tekad untuk menjadi orang yang berguna.

    Selain aktif di kepolisian, Razali ternyata juga aktif di lingkungan tempat dia tinggal di daerah Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Dirinya dipercaya warga menjadi perangkat masjid setempat, juga dikenal baik dalam bergaul, ramah dan suka menolong.

    Razali hidup rukun dan harmonis bersama keluarga kecilnya. Ia hidup bersama seorang istri dan dua orang anak yang selalu setia mendampingi , mendukung dan menyemangatinya.

    Razali mengaku, dirinya akan selalu siap melaksanakan tugas karena amanah yang diberikan harus dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab dimanapun dia bertugas.

    Besar keinginannya untuk turut menbantu membangun citra positif institusi Polri, lewat sikap kesehariannya di lapangan, sehingga Polisi lebih dicintai dan dipercaya oleh masyarakat.

    "Saya bertekad untuk menjalankan tugas dan amanah yang diberikan pimpinan dengan sebaik baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Saya ingin menjadi pengayom sekaligus sahabat untuk masyarakat," terangnya ( red rls)
    (Bidhumas Polda Riau)



     
    Berita Lainnya :
  • Sosok Polisi Teladan Iptu Razali : Saya Bertekad Wujudkan Tanggung Jawab Dan Tugas Bagi Masyarakat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Hari pertama Ramadhan.
    Kehadiran ASN 98 Persen.
    2 Curanmor.
    Dalam Waktu Singkat Polres Inhu Berhasil Amankan Sindikat Curanmor.
    3 Warga Tionghoa.
    Menyambut Imlek Warga Tionghoa Di Dampingi Wartawan Bagi Bagi Sembago Kepada Warga Kurang Mampu.
    4 Khotmil Quran
    Kapolda Riau Ikut Khotmil Quran Dan Silaturahmi Di Masjid Jami Air Tiris, Kapolres Menanda Tangani M
    5 Kapolri.
    Hari Pers Nasional 2021 Kapolri Minta Pers Bantu Tangkal Hoaxs Yang Memecah Belah Bangsa
    6 Dies Natalis.
    Hadiri Dies Natalis HMI Ke 74 Kapolri Kita Butuh Bersatu Melawan Covid 19.
    7 Pelatihan.
    Buka Pelatihan Public Speaking Kadiv Humas sebagai Tindak Lanjut Pemantapan Komunikasi.
    8 Aplikasi.
    Masyarakat Rohil Kini Bisa Buat SIM Lebih Mudah Dengan Aplikasi Link.
    9 Cium Bendera Merah Putih.
    Naok Orarei Komandan KKB Wilayah Yapen Kembali Ke NKRI.
    10 Narkoba.
    Penangkapan Narkoba Jenis Cair Dan Musnahkan 20 Kg Sabu.
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 PT. MUTHIA MAYLAN PUTRI MELAYU PERS, All Rights Reserved