www.derapriau.com
| Panglima Tinggi PMR : Jangan Macam Ayam Mati Dilumbung Padi. | | Putra, "Rekanan Lakukan Pembongkaran Tanah, Kayu Sesuai Saran Pegawai RSUD" | | Jefri, "Pertanyakan Uang Jasa Kadis dr. Ersan Bungkam" | | Pimpinan Anak Cabang(PAC)Pemuda Pancasila(PP)Marpoyan Damai lakukan Kegiatan Sosial | | Irjen Agung Setya : Selalu Waspada Potensi Ancaman | | Sekdako Pekanbaru Siapkan Pengganti Lurah Terjerat Dugaan Pungli
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Minggu, 26 09 2021
 
Kadisbun dan AAI Bincang-Bincang Aren, Tanaman Masa Depan
Selasa, 07-09-2021 - 07:54:20 WIB

TERKAIT:
 
  • Kadisbun dan AAI Bincang-Bincang Aren, Tanaman Masa Depan
  •  

    Bengkalis, derapriau.com - Meskipun waktu sangat singkat namun pertemuan antara petani Aren, calon petani Aren, pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Aren Indonesia (DPD AAI) Kebupaten Bengkalis bersama Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis dan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau pada Senin (6/9/2021) siang berjalan lancar dengan hasil beberapa konsep kerja.

    Pertemuan digelar di ruang Kadis Perkebunan Kabupaten Bengkalis ini juga didampingi beberapa orang Kepala Bidang diantaranya Kabid Produksi Perkebunan Ir Wan Suryani, Kabid Perlindungan Perkebunan Rafiani,PhD dan Kabid Prasarana dan Sarana Perkebunan Fachri Mirza Zahari,SH yang mencatat hasil perbincangan yang bertujuan untuk memajukan ekonomi masyarakat melalui tanaman yang memiliki nama ilmiah Arenga Pinnata atau Enau ini.

    "Pemerintah sangat perhatian terhadap aren. Ini udah lancar tinggal memoleskan saja, mengumpulkan data untuk kita akan membuat apa. Setelah dua atau tiga kabupaten kota di Riau membuat program kita bawa ke Pak Gubernur. Kita ketahui ada jenis bibit Aren Genjah, kita belum dapat bibit ini mudah-mudahan pemerintah bisa bantu bibit, racunnya sedangkan anggota kelompok atau petani membuat tali airnya," kata Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Provinsi Riau, Ir Zulfadli mengawali bincang-bincang orang kampong.

    Kadis Perkebunan, Mohammad Azmir,SHutT, MSc pula di hadapan Kadisbun Zulfadli mengungkapkan untuk ketahanan gula di Kabupaten Bengkalis adalah salah satunya Aren. "Di samping itu juga, Aren ini gulanya sehat seperti gula tebu jadi memang potensinya sangat besar. Memang kalau kami lihat di pos anggaran (APBD Kab. Bengkalis) agak berat (untuk pengembangan Aren ini,red)," ungkap Kadisbun Muhammad Azmir.

    Mengawali cakap, Ketua DPD AAI Kebupaten Bengkalis, DR Eng Mohamad Syahminan,ST,MT yang berdinas di Kota Dumai dan baru tiba pelabuhan Ro-Ro menjelang azan Zuhur merasa tersanjung diajak duduk bersama berbincang-bincang tentang Potensi Aren tadi.

    "Latar belakang kita mengembangkan Aren ini berdasarkan searching, kemudian kajian ekonomi kedepannya itu sangat prospek yang kita tahu ini merupakan taman aman lokal yang sejak tahun 1970an saya sudah ketemu yang namanya Aren ni yang pengolahannya hanya sebatas kolang-kaling," kata Mohamad Syahminan pula.

    Di lapangan, Mohamad Syahminan bersama pengurus menghadapi kendala sulitnya meyakinkan masyarakat akan nilai ekonomi tanaman yang menurut orang dulu tempat tinggalnya hantu. Kesulitan lain adalah alat berat untuk membuka lahan, pengairan dan pembersihan. "Saya sendiri dari 45 hektar lahan, baru 10 hektar yang sanggup kami tanami Aren," ungkap anak watan Parit Bangkong seraya menegaskan bahwa Aren adalah energi masa depan.

    Masih kata Mohamad Syahminan yang sebelum mutasi ke Kota Dumai menjadi Kabid di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bengkalis, saat dirinya di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis hanya melakukan penelitian terkait dengan Nipah yang menghasilkan satu liter tetapi ada minimal 10 liter sehari. "Ini yang perlu dukungan dari pemerintah untuk pengembangan. Kalau di Jepang sudah menggunakan hidrogen yang diurai dari air, Eropa dengan etanol dari matahari, kita juga punya dan ini kekayaan negeri kita sendiri. Jadi, ayo kita sama-sama bangkit bergandengan tangan dengan Dinas Perkebunan yang sangat dibutuhkan begitu juga Direktur BUMD Pak Rahman, juga Pak Gubernur bukan hanya Geronggang tapi juga potensi Aren. Masalah bibit Genjah syukur kalau dikasih (bantuan,red) tapi perlu diingat yang namanya bibit unggul itu dia unggul karena dipelihara, ada perilaku menjadi unggul," terang Mohamad Syahminan.

    Syahminan menambahkan, bibit Aren bisa ditanam di antara tanaman lain dan akan bisa menyuburkan tanaman lain. Aren dewasa mampu menyimpan 200 liter air sehingga Aren tidak membuat daerah tumbuhnya kekeringan juga banjir. "Aren juga menyelamatkan lingkungan, kebakaran hutan. Kami juga sering diskusi dengan Doktor Rani (Rafiani,PhD) terkait lingkungan," tambahnya.

    Kadisbun Ir Zulfadli berharap, kedepannya disusun langkah-langkah yang perlu dibuat. Yang kedua buat momen-momen tertentu sehingga masyarakat tahu juga bahwa Aren ini diperhitungkan. Buat kebun Aren sekitar 3-5 hektar sehingga para pejabat yang datang berkunjung disuguhkan minuman dan makanan dari Aren tadi. Juga membuat video kebun Aren yang bisa membuat adrenalin pimpinan daerah kabupaten maupun provinsi makin kuat perhatian kepada tanaman Aren ini.

    Menanggapi usulan Kadisbun Ir Zulfadli, Kadisbun Mohammad Azmir mengusulkan pada even Hari Menanam sekitar Desember nanti dilakukan langsung oleh Gubernur Riau di Bengkalis. Kemudian, berita gembira, jika petani Aren kekurangan lahan maka bisa meminjam kawasana hutan sebagai perkebunan Aren yang tentunya sesuai dengan prosedur dan aturan.

    Di hadapan Kadisbun Ir Zulfadli, Mohammad Syahminan mengungkapkan bahwa umumnya masyarakat hari ini masih ragu menanam Aren sebab setelah produksi siapa yang akan membeli tapi semua ini bisa terjawab jika kita turun ke lapangan. Karena Covid-19 maka untuk melanjutkan sosialisasi yang telah dilakukan di beberapa desa, Desa Bantan Timur Kecamatan Bantan yang telah menggunakan dana desa untuk pengembangan bibit Aren dan Desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis, sementara ini ditunda dahulu.

    Dalam sesi saran dan masukan terungkap bahwa telah ramai masyarakat melalukan penanaman Aren secara diam-diam. Sebut saja Azman warga Pangkalan Batang Barat, Wawan karyawan Bank Riau Kepri, guru MTs Negeri Bengkalis termasuk juga Boiman warga Simpang Ayam, serta Sujarno warga Suka Maju. Bahkan, Kadus Kampung Parit, Pangkalan Batang Barat, Rusli memasukkan tanaman ini dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RPKDes) yang sebelum Covid-19, Kades desa ini juga mewacanakan Aren sebagai pohon lindung di pinggir jalan yang diutus oleh masing-masing warganya.

    Disebutkan Kadis Ir Zulfadli, untuk membuat pabrik Aren rumahan hanya membutuhkan dana sekitar 500 juta rupiah misalnya membuat gula semut yang 1/4 kilogram seharga 20.000 rupiah.

    "Saya sangat tertarik dengan Aren ini karena manfaatnya saya lihat cukup bagus," tuturnya seraya berharap DPD AAI Kebupaten Bengkalis tetap bisa berbuat seperti PSR (Peremajaan Sawit Rakyat) yang paling kuat bergerak Apkasindo (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) yang rela turun ke lapangan meskipun tanpa menggunakan dana," papar Kadis Ir Zulfadli.

    Sebelum bergabung dengan rombongan Gubernur Riau Syamsuar yang akan tiba di Bengkalis, "Langsung dapat PR Pak Kadis (Mohammad Azmir) yang baru dilantik ini. "Mudah-mudahan pertemuan kita hari ini mendapat berkah dari Allah SWT, provinsi pada prinsipnya sangat mendukung sekali. Ada satu yang saya lupa, dari PMD Pprovinsi Riau itu ada dana masuk ke desa-desa. Cuba intip dana ini di PMD kita," pesan Kadis Perkebunan Provinsi Riau, Ir Zulfadli di akhir pertemuan pada pukul 15.14 WIB petang tadi.(ju)




     
    Berita Lainnya :
  • Kadisbun dan AAI Bincang-Bincang Aren, Tanaman Masa Depan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Hari pertama Ramadhan.
    Kehadiran ASN 98 Persen.
    2 Curanmor.
    Dalam Waktu Singkat Polres Inhu Berhasil Amankan Sindikat Curanmor.
    3 Warga Tionghoa.
    Menyambut Imlek Warga Tionghoa Di Dampingi Wartawan Bagi Bagi Sembago Kepada Warga Kurang Mampu.
    4 Khotmil Quran
    Kapolda Riau Ikut Khotmil Quran Dan Silaturahmi Di Masjid Jami Air Tiris, Kapolres Menanda Tangani M
    5 Kapolri.
    Hari Pers Nasional 2021 Kapolri Minta Pers Bantu Tangkal Hoaxs Yang Memecah Belah Bangsa
    6 Dies Natalis.
    Hadiri Dies Natalis HMI Ke 74 Kapolri Kita Butuh Bersatu Melawan Covid 19.
    7 Pelatihan.
    Buka Pelatihan Public Speaking Kadiv Humas sebagai Tindak Lanjut Pemantapan Komunikasi.
    8 Aplikasi.
    Masyarakat Rohil Kini Bisa Buat SIM Lebih Mudah Dengan Aplikasi Link.
    9 Cium Bendera Merah Putih.
    Naok Orarei Komandan KKB Wilayah Yapen Kembali Ke NKRI.
    10 Narkoba.
    Penangkapan Narkoba Jenis Cair Dan Musnahkan 20 Kg Sabu.
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 PT. MUTHIA MAYLAN PUTRI MELAYU PERS, All Rights Reserved